Berdasarkan SK Menteri Agama No. 394 tahun 2003 bab 1, pasal 1 butir 16 mengatur jumlah beban studi S-1 yaitu minimal 144 SKS dan Maksimal 160 SKS dengan masa studi delapan semester, maka kurikulum Program Studi S-1 PGRA disusun meliputi Kurikulum Inti Umum, Kurikulum Institusional Umum, Kurikulum Inti Khusus Utama, Kurikulum Inti Khusus Pendukung, Kurikulum Inti Khusus Lainnya, dan Kurikulum Institusional Khusus. Jumlah pertemuan dalam satu semester sebanyak 16 minggu dengan komposisi 14 minggu tatap muka, satu minggu ujian tengah semester dan satu minggu ujian akhir semester. Untuk materi teori berlaku 1 SKS sama dengan satu jam efektif dan untuk materi praktik berlaku 1 SKS sama dengan 2 jam efektif dimana 1 SKS sama dengan 50 menit.
Surat Keputusan Mendiknas nomor 232/U/2000 tanggal 20 Desember 2000 memberikan pedoman tentang penyusunan kurikulum perguruan tinggi dan penilaian atas hasil belajar mahasiswa. Di dalam Surat Keputusan Mendiknas tersebut di depan telah dikemukakan, bahwa dengan terbitnya SK Mendiknas nomor 232/U/2000 tanggal 20 Desember 2000 kebijakan Pemerintah atas kurikulum program studi di perguruan tinggi telah berubah, yaitu terdiri atas Kurikulum Inti dan Kurikulum Institusional. Sedangkan kurikulum sebelum terbitnya SK Mendiknas tersebut terdiri atas Kurikulum Nasional (Kurnas) dan Kurikulum Lokal (Kurlok). Kurikulum Inti dan Kurikulum Institusional terdiri atas kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK), Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB), Mata Kuliah Berkehidupan Bersama (MBB), dan Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB). Kurikulum Inti ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Nasional dan kurikulum institusional disusun dan ditetapkan oleh perguruan tinggi masing-masing.
Kurikulum Program Studi S1 PIAUD
Jurusan Tarbiyah Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati
- Kurikulum Inti Umum
No
| Nama Mata Kuliah |
SKS
|
Prasyarat
|
1
| Bahasa Arab |
2
| |
2
| Bahasa Inggris |
2
| |
3
| Bahasa Indonesia |
2
| |
4
| Pancasila dan Kewarganegaraan |
2
| |
5
| Al-Qur’an |
2
| |
6
| Al-Hadits |
2
| |
7
| Fiqh dan Ushul Fiqh |
2
| |
8
| SKI |
2
| |
9
| Tauhid |
2
| |
10
| Akhlak/Tasawuf |
2
| |
Jumlah
|
20
|
- Kurikulum Institusional Umum
No
|
Nama Mata Kuliah
|
SKS
|
Prasyarat
|
1
| Pengantar Studi Islam |
2
| |
2
| Islam dan Budaya Lokal |
2
| |
3
| Filsafat Ilmu |
2
| |
Jumlah
|
6
|
- Kurikulum Inti Khusus Utama
No
|
Nama Mata Kuliah
|
SKS
|
Prasyarat
|
1
| Ilmu Pendidikan |
2
| |
2
| Psikologi Pendidikan |
2
| |
3
| Sosio-antropologi Pendidikan |
2
| |
4
| Bimbingan dan Konseling |
2
| |
5
| Perkembangan Peserta Didik |
2
| |
6
| Filsafat Pendidikan |
2
| |
7
| Penelitian Pendidikan |
2
| |
8
| Psikologi Umum |
2
| |
9
| Pendidikan Sosial |
2
| |
10
| Logika |
2
| |
11
| Statistik |
2
| |
12
| Pendidikan Anak Dalam Keluarga |
2
| |
13
| Konsep Dasar Pendidikan AUD |
2
| |
14
| Konsep Dasar Pengasuhan AUD |
2
| |
15
| Konsep Dasar Kreativitas utk AUD |
2
| |
16
| Konsep Dasar Permainan utk AUD |
2
| |
17
| Konsep Dasar Tumbuh Kembang AUD |
2
| |
18
| Antropobiologi |
2
| |
Jumlah
|
36
|
- Kurikulum Inti Khusus Pendukung
No
|
Nama Mata Kuliah
|
SKS
|
Prasyarat
|
1
| Perencanaan Kegiatan AUD |
3
| |
2
| Sumber dan Media Kegiatan AUD |
3
| |
3
| Metode Pengembangan Berbahasa |
3
| |
4
| Metode Pengembangan Kognitif |
2
| |
5
| Metode Pengembangan Estetika |
3
| |
6
| Metode Pengemb Motorik Halus |
3
| |
7
| Metode Pengembangan Kasar |
3
| |
8
| Metode Pengembangan Sikap Disiplin & Kemandirian (Toilet training) |
3
| |
9
| Metode Pengembangan Sikap Sosial & Emosional (etiket pergaulan) |
3
| |
10
| Metode Pengembangan Budi Pekerti & Nilai-nilai Moral |
3
| |
11
| Desain Alat Permainan Edukatif Modern |
3
| |
12
| Desain Alat Permainan Edukatif Limbah Rumah Tangga |
3
| |
13
| Desain Alat Permainan Edukatif Tradisional |
3
| |
14
| Manajemen Pendidikan |
2
| |
15
| Evaluasi Pembelajaran |
2
| |
Jumlah
|
43
|
- Kurikulum Inti Khusus Lainnya
No
|
Nama Mata Kuliah
|
SKS
|
Prasyarat
|
1
| Micro Teaching Kelompok Bermain (KB) |
2
| |
2
| Micro Teaching Taman Penitipan Anak (TPA) |
2
| |
3
| Micro Teaching Satuan PAUD Sejenis (SPS) |
2
| |
4
| PPL-KKN Integratif |
6
| |
Jumlah
|
6
|
- Kurikulum Institusional Khusus
No
| Nama Mata Kuliah |
SKS
|
Prasyarat
|
1
| Metode Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak |
3
| |
2
| Metode Stimulasi Kecerdasan Naturalistik Anak |
3
| |
3
| Model Pendampingan Proses Perkembangan Anak |
3
| |
4
| Analisis Kesehatan dan Gizi Anak |
2
| |
5
| Analisis Kebutuhan Perkembangan AUD |
2
| |
6
| Skenario Bermain & Permainan AUD |
3
| |
7
| Menggambar untuk AUD |
3
| |
8
| Gerak dan Lagu AUD |
2
| |
9
| Diagnosis Anak Berkebutuhan Khusus |
2
| |
10
| Prognosis Anak Berkebutuhan Khusus |
3
| |
11
| Seminar Proposal Skripsi |
3
| |
12
| Skripsi |
6
| |
Jumlah
|
37
| ||
T o t a l
|
148
|
0 Comments