Header Ads

Header Ads

Mata Kuliah Estetika Koreografi di  prodi PIAUD IPMAFA

 

 

Mata kuliah Estetika Koregrafi adalah salah satu dari sekian mata kuliah yang wajib ditempuh mahasiswa PIAUD IPMAFA. Mata kuliah ini termasuk mata kuliah praktik yang harus terselesaikan selama 2 semester, yakni di semester IV ( Estetika Koreografi Dasar) dan di semester V (Estetika Koreografi Lanjutan). Mahasiswa yang menempuh mata kuliah koreografi paling tidak memiliki kepekaan rasa, seni, kreativitas , dan gerak guna sebagai bekal kelak ketika mengajar pada pendidikan anak usia dini.

Selain itu, mahasiswa juga dituntut memiliki fisik yang kuat, lentur dan lemah lembut karena gerakan-gerakan yang dilakukan merupakan gerakan yang cukup menguras tenaga. Intensitas yang terus-menerus memerlukan stamina yang kuat. Begitu pula dengan ketelatenan, dan kerja sama yang baik diperlukan untuk mewujudkan keberhasilan mata kuliah ini.

    Selama pandemi, mata kuliah Esetika Koreografi sudah 2 semester ini dilakukan secara daring. Mahasiswa mengikuti praktik setiap tahapnya baik  dasar sampai lanjutan melalui video, meskipun daring, namun mahasiswa semester V tahun akademik 2020/2021 tetap semangat untuk mengikuti semua tahapan mata kuliah ini.

Ujian akhir semester pada mata kuliah Etetika Koreografi biasanya mahasiswa di tuntut untuk membuat kreasi tari tradisional dengan tidak melupakan macam-macam koreografi yang telah diajarkan untuk di padu dengan kreasi tari tradisional tersebut. Mahasiswa nantinya dibagi menjadi beberapa kelompok  5-7 orang perkelompoknya. Setelah itu ujian akhir semester dilaksanakan dalam area panggung sungguhan yang terbuka untuk umum. Tetapi dalam sistem daring ini agak sedikit berbeda dengan sebelumnya. Mahasiswa tetap dibentuk dalam beberapa kelompok dituntut untuk membuat kreasi kore0grafi tari tradisional melalui video lalu diunggah dalam akun youtube masing-masing dari setiap perwakilan kelompok.

Post a Comment

0 Comments