Header Ads

Header Ads

Gelar Karya Mahasiswa PIAUD IPMAFA Tampil Memukau dengan Alat Musik Tradisional

Redaksi IPMAFA – Meski dengan alat musik tradisional, Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) semester 4 Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) mampu menunjukkan penampilan terbaiknya sehingga berhasil memukau para penonton Gelar Karya Mahasiswa yang diselenggarakan Fakultas Tarbiyah pada sabtu (15/07/23).

Gelar karya mahasiswa tersebut merupakan pertunjukan hasil karya mahasiswa selama mengikuti proses perkuliahan.

Mereka tampil memukau dengan alat musik tradisional seperti angklung dan gamelan serta sebagai pelengkapnya ada juga alat musik kontemporer seperti pianika.

Salah satu peserta kontestan dari PIAUD, Nadya Luthfiatin Nisa berpendapat bahwa kegiatan ini sangat menarik, selain menjadi fasilitas untuk memeroleh nilai UAS, mereka mendapatkan kebebasan untuk mengkolaborasikan alat musik sesuai dengan kreatifitas yang dimiliki.

“Selain mendapatkan ilmu, kita juga bisa belajar mengelaborasi instrument musik supaya enak didengar, menyelaraskan seluruh komponen baik nada, intonasi dan ketukan alat musik,“ imbuhnya.

Dengan permainannya yang apik, serta pemilihan lagu yang mudah dikenali penonton, membuat mereka diminta memainkan kembali lagu yang telah ditampilkan.

Ahmad Falih Nur Hidayat selaku Ketua panitia kegiatan, menjelaskan bahwa terdapat 16 kelompok yang turut serta meramaikan kegiatan yang bertajuk Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan tersebut.

“PIAUD ada 5 kelompok, yaitu PIAUD 4A 2 kelompok, 4B 3 kelompok, dari PRODI PGMI 9 kelompok dan sisanya dari kelompok PBA” terang Falih merinci.

Tidak hanya pertunjukan seni musik, ada drama hingga display media dan modul pembelajaran yang turut serta memeriahkan Gelar Karya Mahasiswa ini.

Beberapa Dosen Fakultas Tarbiyah menyematkan kegiatan ini dalam tugas akhir berupa projek.

Dijelaskan oleh salah satu penginisiasi kegiatan sekaligus salah satu dosen pengampu mata kuliah Ibu Fira Nadliratul Afrida, M.Pd., bahwa kegiatan ini tidak ada dalam perencanaan awal.

“Kegiatan ini muncul di penghujung perkuliahan kemudian kami berdiskusi untuk membuat kegiatan ini yang dapat digunakan untuk menampilkan karya produk dari mata kuliah yang bersangkutan,” ungkapnya.

Gelar karya mahasiswa mendapatkan apresiasi langsung dari Dr. Agus Syakroni M.Pd selaku Dekan Fakultas Tarbiyah.

Dalam sambutannya Agus Syakroni menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini perlu dikembangkan untuk memacu kreativitas dan inovasi mahasiswa.

“Semoga acara sukses dan harapannya semoga acara semacam ini bisa semakin dikembangkan agar nantinya mahasiswa Fakultas Tarbiyah semakin kreatif dan inovatif,” ucapnya. (NIS-03/Uha-1).
 

Post a Comment

0 Comments