Pembukaan program studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal (PGRA) didasari atas keinginan menjadi bagian dari problem solving persoalan bangsa sera memenuhi harapan masyarakat akan ketersediaan pendidik pada jenjang pendidikan anak usia dini. Kompetensi yang dimiliki oleh lulusan program studi S1 PGRA adalah terampil dan ahli dalam bidang pendidikan serta pengajaran anak usia dini. Untuk mencapai hasil kelulusan S1 PGRA sesuai dengan kompetensi yang telah ditentukan, maka kompetensi Program S1 PGRA terdiri atas:
a.  Kompetensi Utama:
Lulusan Program S-1 PGRA adalah orang yang terampil dan ahli dalam bidang pendidikan dan pengajaran usia dini.
b.  Kompetensi Pendukung:
Disamping kemampuan pendidikan dan pengajaran usia dini maka  diperlukan kemampuan dalam berempati terhadap anak-anak. Oleh karena itu kompetensi pendukung program studi S-1 PGRA adalah kemampuan mencipta dan mengembangkan alat peraga dan permainan anak-anak. Hal itu untuk memberikan sinergis kompetensi utama.
c.  Kompetensi Khusus:
Kompetensi khusus program studi S1 PGRA adalah Kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing, terutama Bahasa Inggris dan atau bahasa Arab. Hal ini mengingat kebutuhan untuk menanamkan komunikasi secara global pada usia dini.
Didasarkan pada kompetensi lulusan program studi S1 PGRA Jurusan Tarbiyah STAI Mathali’ul Falah Pati, maka lulusan tersebut adalah sarjana pendidikan yang terampil dan ahli dalam bidang pendidikan dan pengajaran usia dini untuk lapangan kerja:
  1. Guru RA/TK yang diangkat oleh Pemerintah;
  2. Guru RA/TK Swasta;
  3. Play Group (Kelompok Bermain) dan Penitipan Anak.
Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours