Penerimaan Cinderamata oleh Ketua BEM PGRA kepada Narasumber


Selasa (22 maret 2016) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) mengadakan progam parenting. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 8;30-11;00 WIB, dan bertempat di Kelompok Bermain “KENCANA” Desa Waturoyo-Margoyoso-Pati. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh 25 wali murid, 4 orang guru KB, dan 10 orang perwakilan mahasiswa PGRA. Pada parenting kali ini, BEM Prodi PGRA mengangkat tema “Pola Asuh Orang Tua dalam Meningkatkan Kemandirian Anak”.

Tema ini sengaja diambil berdasarkan keluhan dari para pendidik di KB tersebut karena masih banyaknya siswa yang ditunggui orang tuanya di dalam kelas meskipun anak sudah mandiri. Selain itu juga bertujuan untuk mensosialisasikan kepada orang tua berkaitan dengan pemahaman pola pengasuhan yang efektif terhadap perkembangan anak dalam menjalankan fungsi mendidik, merawat, serta mengasihi anak. Dengan diadakannya parenting ini diharapkan ke depannya dapat mengubah mindset orang tua untuk lebih mempercayakan anak-anaknya kepada guru dan lembaga pendidikan.

Para Guru maupun Wali murid terlihat antusias bertanya
Sumiyati M.Pd.I selaku narasumber menjelaskan ada beberapa alasan-alasan orang tua dalam menunggui anaknya, antara lain karena khawatir anak akan menangis dan takut anaknya diganggu oleh teman-temannya. Anak masuk dunia baru akan merasa beda dan canggung, tapi itu merupakan hal yang wajar, jangan paksa anak untuk diam dan menjanjikan sesuatu agar tidak menjadi ibu pembohong dan anak yang manja. Ungkap Kaprodi PGRA IPMAFA ini.
Beliau juga menambahkan jika kemandirian di sekolah akan sulit terwujud bila wali murid masih belum bisa percaya sepenuhnya dengan guru yang ada di lembaga sekolah. Yakinkan pada diri sendiri bahwa sekolah akan mampu mentransfer ilmu dan mampu memberikan yang terbaik serta rasa aman kepada anak-anak. Semua mindset dari orang tua adalah do’a, maka tinggalkan anak di sekolah dengan keyakinan penuh dan ikhlas agar anak-anak kita berkembang sebagaimana mestinya, Imbuh Sumiyati mengakhiri materinya.
Foto bersama dengan dewan guru KB Kencana Waturoyo
Para orang tua pun sangat bersemangat dalam mengikuti acara ini. Banyak wali murid dan guru yang bertanya serta sharing tentang anak-anaknya, seperti permasalahan anaknya yang bangun kesiangan, tips-tips menumbuhkan minat baca dan belajar anak, tips-tips agar anak tidak rewel dan sebagainya. (Reka)
Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours