Sambutan dari perangkat desa setempat 


Para peserta mengikuti arahan dari narasumber 

Bahasa merupakan simbol dari proses komunikasi. Berbicara, merupakan bagian dari proses komunikasi dan ekspresi dari bahasa. Namun bukan hanya itu, melalui kemampuan berbahasa juga akan meningkatkan kemampuan intelektualnya. Anak akan menggunakan kemampuan komunikasinya untuk bertanya, memberi alasan, mencoba gagasan dan seterusnya. Maka dari itu kemampuan berbahasa merupakan suatu hal yang kompleks dan penting bagi perkembangan anak.

Atas dasar pentingnya kemampuan berbahasa inilah Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IPMAFA mengadakan seminar pendidikan dengan tema "Mengembangkan Kecerdasan Berbahasa untuk Anak Usia Dini" pada Selasa (23/5). Bertempat di aula Balaidesa Kemujan Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara, kegiatan ini dihadiri kurang lebih 50 an peserta yang terdiri dari guru-guru PAUD Se Kecamatan Karimunjawa, kader PKK, posyandu dan tokoh masyarakat lainnya.

Sumiyati MPd I menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian Prodi PIAUD IPMAFA untuk memberikan tambahan pengetahuan dan edukasi kepada para orangtua tentang hal-hal terkait dengan perkembangan anak. Salah satunya mengenai kemampuan berbahasa ini.

Selain itu juga dalam rangka lebih mengenalkan Prodi PIAUD dan kampus IPMAFA kepada masyarakat luas di luar Kabupaten Pati. Terlebih di Karimunjawa ada 7 mahasiswa yang kuliah di Prodi PIAUD. "Harapannya dari kegiatan ini ada generasi berikutnya dari masyarakat Karimunjawa yang melanjutkan pendidikan di kampus IPMAFA" ungkap Kaprodi PIAUD yang juga selaku narasumber seminar.

Sementara itu salah satu perangkat desa setempat dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PIAUD IPMAFA Pati ini. Seperti yang diketahui bersama jika Desa Kemujan merupakan salah satu desa yang akses pendidikannya masih minim. Selain itu belum banyak warga yang mendapatkan pendidikan tinggi, jadi kegiatan seperti ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat utamanya dalam hal pendidikan anak usia dini.

Para peserta pun tampak bersemangat mengikuti kegiatan. Mereka tak mau melewatkan sedikitpun setiap materi yang disajikan. Di akhir acara, banyak memberikan pertanyaan yang diajukan oleh peserta baik seputar materi maupun tentang Prodi PIAUD dan kampus IPMAFA. Dan sebelum pulang semua peserta mendapatkan Buku "mengasah kecerdasan verbal linguistik anak usia dini" yang diberikan oleh narasumber secara cuma-cuma.


Foto bersama anggota IGRA Kec. Karimunjawa 

Selain acara seminar ada pula pentas tari maupun senam dari siswa TK setempat 

Share To:

Ahmad Nashiruddin

Post A Comment:

0 comments so far,add yours