Orangtua adalah sosok penting dalam kehidupan anak. Bagaimanapun keadaan si anak, peran orangtua sangat berperan penting dalam menemani perkembangan anak. Contoh sederhananya ialah seperti memberi kasih sayang. Lingkungan terkecil  dan paling berpengaruh dalam kehidupan anak adalah keluarga. Karena pada dasarnya semua anak di lahirkan dengan cerdas, kesuksesan anak tidak akan terlepas dari bantuan orang tua" ungkap Ibu Malihatin, saat memulai membuka kegiatan Parenting Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IPMAFA Pati bertajuk "Orang tua adalah pendidikan utama dan pertama bagi anak" di Raudhatul Athfal (RA) dan KB Muslimat Desa Bulungan Kecamatan Tayu Kabupaten Pati pada Selasa (16/5). 

Tugas Orangtua ialah menstimulasi perkembangan anak. Anak yang cerdas yaitu anak yang otak kiri dan kananya seimbang. Adapun mengembangkan kecerdasan anak bisa melalui beberapa hal, diantaranya: mengembangkan kecerdasan kosakata (linguistik), logika dan matematika, spasial, kinestetik, musik, interpersonal, intrapersonal, naturalis (alam) dan spiritual (kalbu / religi). Orangtua seyogyanya mengetahui akan hal itu "imbuh Dosen baru Prodi PIAUD yang juga aktif di HIMPAUDI Kabupaten Pati ini. 
Sementara itu Mila Charisma selaku ketua HMPS PIAUD mengungkapkan jika kegiatan parenting ini merupakan salah satu kegiatan yang telah dicanangkan lembaganya dalam mewujudkan salah satu tri dharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat. Dalam hal ini berarti masyarakat dan orangtua siswa RA dan KB Muslimat Desa Bulungan Kecamatan Tayu. Harapannya kegiatan seperti ini mampu memberikan tambahan pengetahuan bagi orangtua siswa dalam mendidik anak-anaknya" katanya.



Hadir dalam kegiatan parenting ini para orangtua siswa dan siswi RA dan KB Muslimat serta tokoh-tokoh masyarakat dan ibu-ibu PKK yang terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan parenting yang dilakukan sejak pukul 09.00 sampai 12.00 WIB ini.        

Share To:

Ahmad Nashiruddin

Post A Comment:

0 comments so far,add yours