Salah seorang peserta ketika diminta menyanykan salah satu lagu
 Ahad (21/5) Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IPMAFA mengadakan kegiatan pelatihan seni musik bagi para guru-guru PAUD, mahasiswa, siswa SMA sederajat, maupun para pemerhati musik anak. Tidak tanggung-tanggung, narasumber yang didatangkan yakni Kak Adi Kitana salah satu tokoh nasional yang banyak menciptakan lagu-lagu anak nusantara. 

Sumiyati MPd I mengungkapkan jika kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini - IPMAFA yang telah dibuka sampai tanggal 18 Agustus yang akan datang. Selain itu juga dimaksudkan untuk memberikan pengatahuan kepada para peserta agar dapat memperhatikan lagu-lagu anak yang saat ini sudah mulai terkikis oleh lagu-lagu dewasa atau lagu-lagu asing yang lirik-liriknya kurang sesuai dengan proses tumbuh kembang anak" ungkap Kaprodi PIAUD IPMAFA ini.

Bertempat di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Komplek Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati, kegiatan ini dihadiri oleh 150 peserta dari berbagai macam latar belakang. Dipilihnya gedung SKB memiliki tujuan agar PIAUD IPMAFA lebih dikenal masyarakat wilayah pusat Kota Pati, sekaligus sebagai lanjutan kerjasama antar PIAUD IPMAFA dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati.

Ahmadi, S.Pd, MM selaku Kabid. PPTK dalam sambutannya menyambut baik kegiatan pelatihan seni musik ini. Beliau pun berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan kembali guna menambah wawasan dan pengetahuan para guru-guru PAUD yang hadir dalam kesempatan ini terutama dalam hal musik anak. Beliaupun sangat terbuka jika gedung SKB bisa digunakan kembali di lain kesempatan" tuturnya.

Dalam kegiatan pelatihan ini para peserta diberikan pemahaman tentang dasar-dasar musik anak, cara membuat karya, berbagai macam tepuk tangan yang menyenangkan, gerak lagu dan lain sebagainya. Bukan hanya itu peserta yang beruntung juga mendapatkan doorprize dari narasumber. Hal ini semakin menambah semangat para peserta dalam mengikuti kegiatan. Sebelum selesai acara para peserta juga diminta untuk mengarang sebuah lagu anak, yang nantinya harus mereka praktekkan saat mengajar mapun bersama anak-anaknya.

Sebelumnya Kak Adi Kitana atau yang memiliki nama lengkap Setyoadi Purwanto, M.Pd juga mengisi kuliah umum di kelas PIAUD IPMAFA semester II. Kuliah ini dimaksudkan untuk membekali para mahasiswa mengenal musik-musik anak agar mereka memiliki dasar tentang bermusik sebelum nantinya mendapatkan mata kuliah seperti estetika instrumental, vocal, koreografi dan sebagainya. 


Para peserta diminta membuat lagu


Mengisi kuliah umum di kampus IPMAFA

Share To:

Ahmad Nashiruddin

Post A Comment:

0 comments so far,add yours