"Seni itu terkadang tidak bisa di pandang dari bagus nya saja. Namun bagaimana sang pembuat, membuatnya dengan beberapa tehnik yang memang tidak semua orang memiliki nya. Dan seni itu bebas karna seni berkaitan dengan fantasi dari masing-masing manusia apalagi berkaitan dengan menggambar", ungkap Teguh Santoso, S.Sn, dosen Estetika Rupa Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dalam kegiatan Pelatihan Menggambar Bagi Guru PAUD yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PIAUD IPMAFA pada Ahad (26/11) kemarin.


"Dalam Seni kita bisa berfantasi kalau daun itu warnanya tidak hanya hijau. Namun bagi pendidik PAUD itu harus hati-hati dan sebenarnya malah tidak boleh (berfantasi jika daun itu tidak hanya warna hijau) di ajarkan di kalangan anak usia dini. Karena usia dini masih sangat sensistif soal warna (yang di ketahui hanya warna daun adalah hijau). Namun bagi penikmat seni atau pun seniman, seni itu bebas. Mengikuti imajinasi atau mood seseorang". Imbuh sarjana lulusan ISI Solo ini.

Ketua HMPS PIAUD, Inayatul Muna menjelaskan jika kegiatan pelatihan menggambar ini diadakan guna untuk menambah kereativitas dan pengalaman seseorang, karena pada dasarnya semua orang berhak bisa mempelajari segala hal terlebih bagi mahasiswa PIAUD yang kedepannya akan menjadi calon pendidik anak usia dini. Kegiatan ini sendiri merupakan kegiatan yang dibuka untuk umum, yang dalam pelaksanaannya dilaksanakan setiap Hari Ahad mulai pukul 09.00 sampai selesai. jelasnya.

Puluhan mahasiswa dan peserta tampak antusias mengikuti kegiatan menggambar kemarin. Bukan hanya diberikan materi tentang teori-teori menggambar oleh narasumber, para pesertapun diminta langsung menggambar apapun sesuai imajinasi yang ada dalam masing-masing diri mereka.


Share To:

Ahmad Nashiruddin

Post A Comment:

0 comments so far,add yours