Praktek Profesi Lapangan atau yang lebih dikenal dengan istilah PPL merupakan salah satu tahapan wajib yang harus dijalani oleh mahasiswa semester akhir yang berada di lingkungan kampus Institut Pesantren Mathali'ul Falah (IPMAFA). Tak terkecuali dengan mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah. Sebagai program studi yang memiliki konsentrasi keilmuan dalam hal mencetak sarjana pendidikan anak usia dini (PAUD), lembaga-lembaga PAUD yang berada di wilayah Kabupaten Pati dipilih menjadi tempat mahasiswa berpraktek. Salah satunya lembaga PAUD Aisiyah 02 Pati.

"Tahun ini merupakan kegiatan PPL yang ketiga kalinya dari mahasiswa PIAUD IPMAFA di lembaga Aisiyah. Dipilihnya PAUD Aisiyah 02 Pati berdasarkan banyak pertimbangan, diantaranya karena lembaga tersebut merupakan salah satu lembaga PAUD yang memiliki kualitas yang sangat bagus di Pati sehingga harapannya dengan ber PPL di sana, mahasiswa selain dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang didapatkan sewaktu kuliah, juga dapat menyerap apa yang ada di PAUD Aisiyah 02 untuk kemudian diterapkan di lembaga tempat mereka mengajar nanti. 
Jadi di satu sisi kegiatan PPL ini bisa menjadi sarana pembelajaran langsung dari mahasiswa, setelah sebelumnya hanya belajar teori di dalam kelas" ungkap Kaprodi PIAUD, Sumiyati, M.Pd.I. Senada dengan Kaprodi PIAUD, Nurti Wijayanti, M.Pd juga mengapresiasi kegiatan PPL PIAUD IPMAFA yang ada di lembaga nya. 

Dengan adanya PPL, lembaga nya bisa mendapatkan ilmu-ilmu baru yang dibawa oleh mahasiswa, yang sebelumnya belum pernah didapatkan. Terlebih PPL nya mahasiswa PIAUD IPMAFA ini memiliki banyak keunggulan, salah satunya ialah pengadaan alat peraga yang alami dan buatan sendiri, sehingga hal ini dapat menularkan kreativitasnya kepada guru-guru yang ada di lembaga ini"tuturnya.









Share To:

Ahmad Nashiruddin

Post A Comment:

0 comments so far,add yours