"Orangtua merupakan sosok yang paling berpengaruh terhadap perkembangan anak. Orangtua yang cerdas akan menghasilkan generasi yang cerdas, namun begitu juga sebaliknya. Ketika orangtua mencontohkan hal-hal buruk kepada anak, maka anak pun akan mengikutinya. Contoh ketika orangtua bilang ke anak jika TV yang ada di rumah itu rusak, namun ketika mau dijual ke orang lain, orangtua bilang ke pembeli jika TV itu bagus dan si anak menyaksikan hal itu, maka kelak si anak akan tumbuh menjadi seorang yang peragu. Begitu pula ketika ayah dan ibu tidak kompak dalam memutuskan suatu hal untuk anak, maka anak akan mengecap salah satu dari mereka jahat dan salah satunya lagi baik. Begitulah nanti perkembangan anak jika tidak memperhatikan pengasuhannya yang baik" ungkap Ahmadi, S.Pd, MM Kabid PPTK Dinas Pendidikan Kabupaten Pati yang didaulat sebagai narasumber dalam kegiatan Parenting tentang Pentingnya Pola Asuh Orangtua dalam Perkembangan Anak yang diadakan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IPMAFA bekerjasama dengan Teater Madrasah MMH Desa Sokopuluhan Kecamatan Pucakwangi Pada Jum'at (19/1). 

Sumiyati, M.Pd.I selaku Kaprodi PIAUD IPMAFA menjelaskan "jika kegiatan ini merupakan bentuk ikhtiar / usaha Prodi PIAUD dalam mengkampanyekan pola asuh yang baik kepada para orangtua dalam hal mengasuh anak-anaknya agar kelak menghasilkan generasi yang unggul. Selain itu juga dalam rangka lebih memperkenalkan Program Studi PIAUD IPMAFA di kalangan masyarakat Pucakwangi dan sekitar"jelasnya.
Bukan hanya Parenting, kegiatan tersebut dikemas pula dengan pentas seni kreasi yang bekerjasama dengan Teater Madrasah MMH Pucakwangi. Drama kolosal, puisi, tari-tarian menjadi penghibur acara yang dihadiri oleh para peserta yang terdiri dari para siswa MMH Pucakwangi, para wali murid RA MMH, mahasiswa PIAUD IPMAFA serta masayarakat umum yang tertarik dengan dunia ke PAUD an.
Ke depan rencananya kegiatan ini akan terus diadakan kembali di tempat lain dengan tema yang berbeda supaya masyarakat semakin teredukasi dan memiliki pemahaman yang baik tentang dunia anak usia dini.


Share To:

Ahmad Nashiruddin

Post A Comment:

0 comments so far,add yours