Header Ads

Header Ads

Gandeng PIAUD IPMAFA, PKG Trangkil adakan Kegiatan Pelatihan APE



Pusat Kegiatan Gugus ( PKG) Kecamatan Trangkil bekerjasama dengan Progam Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IPMAFA menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Alat Permainan Edukatif (APE) bagi Guru PAUD  agar menjadi guru yang lebih professional dan mandiri.
Kegiatan yang diadakan dari tanggal 2 – 4 Oktober 2018 ini bertempat di TK Tunas Harapan PG Trangkil, Pati dan dihadiri oleh perwakilan Guru PAUD/TK Se Kecamatan Trangkil.
“Guru yang baik adalah guru yang terampil.” Kata Sutopo, Kepala Dinas Trangkil didampingi Sukahar. Pada saat acara pembukaan Selasa (2/10).
Pelatihan kali ini diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya membuat bunga dari sabun, membuat bros dari kain perca, membuat medali dari VCD bekas, dan Quiling. Kegiatan ini mengusung konsep “edupreneur” yang memadukan unsur “business” yang diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan ketrampilan untuk guru PAUD diberbagai bidang khususnya pendidikan dan ekonomi.
 “Manfaat yang ingin kita peroleh adalah terampil, hemat, dan marketable (dapat dipasarkan). Karena penting bagi guru untuk memberi contoh kepada anak tentang sumber belajar yang bisa didapat dari mana saja.” terang Sumiyati, M.Pd.I (Ka. Prodi PIAUD) selaku narasumber  yang didampingi oleh beberapa mahasiswa PIAUD yang ditunjuk sebagai pendamping dan tutor pelaksanaan kegiatan.
Sementara itu, Maftukhin, M.Pd selaku pihak Dinas Pendidikan Kecamatan Trangkil menanggapi, bahwa keterlibatan PIAUD IPMAFA dalam pelatihan ini memiliki peran yang sangat penting untuk menularkan ilmu dan memberikan edukasi kepada para guru-guru PAUD se Kecamatan Trangkil. Selain itu juga bisa menjadi bagian dari kegiatan pengabdian dan kerja sama kepada masyarakat, serta bisa untuk mensosialisasikan berbagai kegiatan yang dimiliki Prodi PIAUD IPMAFA. “tandasnya”.
“Saya senang dan bersyukur sekali dapat mengikuti kegiatan  pelatihan keterampilan di PKG Kecamatan Trangkil ini, karena dapat mengasah kreativitas seorang guru, serta dapat menggali potensi kewirausahaan di dalam lembaga. Dengan adanya pelatihan APE ini, kita dapat mengembangkan progam parenting terhadap orang tua/wali murid yang sedang menunggui anaknya. Dalam berparenting, nanti hasilnya dapat kita jual sebagai tambahan kas koperasi di lembaga  kita. Dan saya juga berterimakasih Progam Studi PIAUD IPMAFA berkenan membagi ilmu dan keterampilannya kepada kami.” Ungkap  Indah lasmiati dari POS PIAUD Pelangi Indah, Mojo Agung - Trangkil sebagai salah satu peserta pelatihan.

Post a comment

0 Comments