Header Ads

Header Ads

Diklat Berjenjang Tingkat Dasar PAUD diharapkan Memperhatikan Perkembangan Teknologi

 
Jum'at (18/1), Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Institut Pesantren Mathali'ul Falah Pati kembali menyelenggarakan diklat berjenjang tingkat dasar bagi guru-guru PAUD. Bertempat di aula 2 Kampus IPMAFA, Diklat Dasar ini diikuti oleh 130 an peserta yang terdiri dari guru-guru PAUD yang sudah mengajar di beberapa lembaga PAUD se Kabupaten Pati.
Dalam sambutannya, Agus Sya'roni, M.Pd mengapresisasi langkah Program Studi PIAUD yang kembali menyelenggarakan diklatsar. Apresiasi ini sekaligus harapan agar penyelenggaraan diklatsar tahun ini memperhatikan pula perkembangan revolusi industri 4.0, yang tidak mungkin lambat laun akan berdampak pula pada dunia pendidikan, termasuk lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Dampak dari perkembangan teknologi telah mampu menghadirkan sekolah tanpa gedung, sekolah tanpa tatap muka, bahkan sekolah tanpa guru"ungkap Dekan Fakultas Tarbiyah IPMAFA ini.
Beliau juga menambahkan jika diklat ini seyogyanya benar-benar memberikan manfaat untuk membekali para guru PAUD agar semakin berkembang dan visioner. Tidak hanya kreatif, tapi juga memiliki semangat dan kemauan untuk berkembang dan maju. Imbuhnya.
Selaras dengan apa yang disampaikan oleh Bapak Dekan, Ketua Panitia Penyelenggara Diklat, Sumiyati, M.Pd.I mengatakan jika Diklat ini memang bertujuan untuk membekali guru-guru PAUD agar lebih berkembang dan maju. Terutama menghadapi perkembangan teknologi yang semakin masif. Selain diklat dasar, nanti juga akan diselenggarakan diklat-diklat lanjutan, agar para guru-guru PAUD semakin mendapatkan pemahaman yang cukup tentang dunia PAUD, sekaligus mampu berfikir kreatif, inovatif, dan visioner agar pendidikan anak usia dini di Kabupaten Pati menjadi semakin maju"tutur ketua panitia penyelenggara sekaligus Ketua Program Studi PIAUD IPMAFA ini.
Rencananya kegiatan Diklat Dasar akan dilaksanakan selama 5 hari. Yakni pada tanggal 18,19, 25, 26, dan 27 Januari 2019. Beberapa narasumber baik dari Dinas Pendidikan maupun PP PAUD dan Dikmas Jawa Tengah juga sudah mengonfirmasikan untuk ikut terlibat dalam memandu pelaksanaan Diklat Dasar ini.