Header Ads

Header Ads

Pentingya Memperhatikan Kesehatan dan Gizi Anak


Pada hari keempat pelaksanaan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IPMAFA, peserta Diklat diberikan pembekalan dan pemahaman tentang pentingnya memperhatikan kesehatan dan gizi anak. 

Dua narasumber dihadirkan dalam kegiatan Diklat ini. Pertama adalah dr. Restu rini ahli gizi dari Rumah Sakit Islam (RSI) Pati, dan yang kedua adalah dr. Hardwin Briyan Saputra salah satu dokter muda dari Keluarga Sehat Hospital (KSH) Pati yang banyak menyampaikan tentang kesehatan anak.
Dalam paparan awalnya, dr. restu rini menyampaikan bahwa orangtua dan guru PAUD perlu untuk memperhatikan kebutuhan gizi anak, karena hal ini sedikit banyak akan berimplikasi kepada perkembangan dan pertumbuhan anak." paparnya.
Senada dengan apa yang disampaikan oleh dokter Rini, Dokter Briyan menjelasakan jika antara kebutuhan gizi dan kesehatan anak akan selalu terkait. Pemenuhan gizi yang cukup akan lebih memberikan peluang bagi anak untuk tumbuh sehat" jelasnya.
"Ada beberapa ciri seorang anak itu sehat, antara lain: ceria, aktif, nafsu makan baik, dan kemampuan-kemampuan motoriknya semakin bertambah", imbuh dokter muda ini.
Selain mendengarkan materi yang disampaikan oleh para narasumber, mahasiswa juga diminta untuk praktek membuat makanan sehat dan bergizi dari bahan jagung. Praktek inipun diikuti mahasiswa dengan sangat antusias karena mereka dapat menerima materi secara utuh, tidak hanya teori tapi prakteknya juga.