Header Ads

Header Ads

Akreditasi Lembaga PAUD, Pentingkah?


Dunia Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) semakin hari semakin mendapat perhatian yang serius dari berbagai kalangan, termasuk dari pemerintah. Salah satu bentuk perhatian dari pemerintah adalah adanya Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) yang sekarang ini sudah dirasakan manfaatnya oleh lembaga PAUD.

Bantuan ini diberikan dengan harapan lembaga-lembaga PAUD akan terus berbenah diri dan meningkatkan mutu layananya kepada masyarakat. Lembaga PAUD harus benar-benar melaksanakan peran dan fungsinya sebagai lembaga yang memiliki andil besar dalam menentukan masa depan bangsa melalui pendidikan usia dini.

Untuk itu sebagai upaya menjamin mutu dan layanan PAUD, pemerintah menyelenggarakan program akreditasi lembaga PAUD yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (BAN PAUD dan PNF).

Sebagaimana disampaikan oleh Prof. Dr. Hj. Netti Herawati, dalam kegiatan Refreshment Asesor BAN PAUD dan PNF di hotel Arkenzo Semarang (24/05/2019) bahwa kegiatan akreditasi bukan sekedar kegiatan administratif yang dilakukan untuk melihat dokumen lembaga, akan tetapi melihat secara komprehensif apakah lembaga tersebut benar-benar menunjukkan performa yang baik sehingga mendapat penilaian yang baik, sekaligus masyarakat memiliki jaminan pendidikan yang berkualitas dengan adanya akreditasi lembaga PAUD tersebut.

Hal ini selaras dengan apa yang selama ini dilakukan oleh Program Studi PIAUD IPMAFA sebagaimana disampaikan oleh Ketua Prodi PIAUD sekaligus Asesor BAN PAUD dan PNF, Ibu Sumiyati MPdI, bahwa Program Studi mengasah kompetensi-kompetensi calon guru PAUD, baik kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian.

Dengan demikian ketika terjun ke lapangan nantinya, mereka memiliki bekal yang cukup untuk ikut andil dalam mengembangkan lembaga PAUD termasuk dalam meningkatkan mutu layanan PAUD melalui kegiatan akreditasi.


Pada akhirnya, akreditasi sebuah lembaga PAUD penting untuk dilakukan karena sebagai prasyarat menerima program bantuan dari pemerintah dan yang terpenting adalah jaminan kualitas dari masing-masing lembaga PAUDtersebut.