Header Ads

Header Ads

Membuat Anak tetap Bahagia saat Belajar Di rumah

Selamat pagi ayah bunda semua, tidak terasa sudah hampir dua bulan ya kita bekerja dari rumah. Semoga pandemi corona ini cepat berlalu ya. Selama masa pandemi ini, selain ayah bunda sibuk dengan rutinitas pekerjaan, ayah bunda juga memiliki tugas tambahan menemani si kecil di rumah ya...

wah pasti seru menemani si kecil belajar online dari rumah. Jangan terjadi sebaliknya ya, karena sejatinya si kecil belajar melalui bermain, pastikan si kecil tetap bahagia menikmati proses belajar di rumah. Bagaimana jika si kecil ngambek dan tidak mau mengerjakan tugas online dari sekolah?
Orangtua harus tetap tenang dan bersikap positif. Pada saat-saat tertentu anak pasti akan merasa bosan dengan tugas yang monoton, apalagi orangtua yang sudah membiasakan anak untuk tidak memegang gadget atau menonton TV sejak dini, tentunya ini menjadi sesuatu yang kontra. Sehingga apa yang bisa kita lakukan saat anak mogok sekolah online?

Orangtua dapat mencari alternatif kegiatan lain, seperti mengajak anak melakukan kegiatan sehari-hari, seperti mengajak anak bercocok tanam, membantu membersihkan rumah, mencuci mainan, membersihkan rumah dengan tingkat kesulitan yang dapat kita sesuaikan dengan kemampuan anak. Kegiatan-kegiatan tersebut selain mengajarkan lifeskill berupa keterampilan hidup sehari-hari, juga dapat mengembangkan motorik anak, mengembangkan kemampuan bahasa anak dan kemampuan-kemampuan anak yang lain.

Dengan demikian, belajar tidak harus selalu berkutat dengan buku, pensil, pewarna dan sebagainya.
Hikmah pandemi ini adalah kita dapat lebih memanfaatkan waktu yang berkualitas dengan keluarga. Lebih memahami cara belajar si kecil dan yang terpenting adalah bagaimana saling membahagiakan. Belajar tidak harus selalu tentang kognitif, apapun selagi itu positif dan membahagiakan itulah hakikat belajar untuk anak.